Monday, February 15, 2010

Kasih Sayang, Cinta Dan Kesetiaan

Sebelum Anda menjajaki semua hal yang berhubungan dengan Selingkuh sebaiknya Anda membaca dan memahami terlebih dahulu tentang makna Kasih sayang, Cinta dan kesetiaan. Kasih sayang dan cinta merupakan kesatuan komplek yang saling melengkapi dan tak dapat dipisahkan. Dimana ada kasih sayang maka disitu ada cinta. Dimana ada cinta maka kasih sayang selalu ikut meyertai.

Apakah kasih sayang dan cinta itu sama?. Jawabannya sangat relative, tergantung Seseorang menafsirkannya dan trgantung peran kasih sayang dan cinta itu dalam kehidupannya. Sebelum terlahir di Dunia setiap Orang sebenarnya telah merasakan yang namanya kasih sayang dan cinta. Jadi tak Seorang pun di Dunia ini yang luput dari kasih sayang dan cinta. Biarpun ada yang mengatakan bahwa…

“Tak ada Seorangpun yang menyayangi dan mencintaiku”.

Itu hanyalah akibat dari penderitaan yang diakibatkan oleh kasih sayang dan cinta itu sendiri. Dan sebenarnya kasih sayang dan cinta itu tak pernah salah, terkecuali Orang-orang itu sendirilah yang menyalah gunakannya. Secara garis besar, semua penderitaan yang dikarenakan kasih sayang dan cinta akan dikaitkan dengan keserakahan, nafsu dan ketertarikan terhadap Lawan Jenis atau pasangannya.

Di bagian ini Kita akan sedikit membahas tentang kasih sayang dan cinta. Makna kasih sayang dan cinta itu sendiri sangat luas dan bermacam-macam. Salah satu makna kasih sayang adalah bentuk pencurahan atau perasaan ingin melindungi dan memberikan sesuatu yang terbaik padaseseorang atau Kelompok secara tulus dan tanpa pamrih. Pelaksanaan kasih sayang juga sangat beraneka ragam. Bisa dari perhatian, pemberian atau tindakan dan do’a. Kasih sayang bisa ditujukan pada siapapun, entah itu Pria, wanita. Anak-anak atau Orang Dewasa. Untuk Orang yang sepadan, yang lebih muda atau yang jauh lebih tua sekalipun.

Kasih sayang yang tulus dan suci, sifatnya kekal dan abadi. Tetapi jika kasih sayang itu sudah bercampur dengan nafsu dan sudah tidak dilandasi dengan keiklasan maka sifatnya tidak kekal lagi. Bahkan bisa berubah menjadi kebencian dan dosa.

Kasih sayang juga bisa berarti cinta, atau bisa menjadi cinta. Cinta bisa terjalin antara Anak dengan Ayah atau ibunya. Seseorang dengan saudara atau Sahabatnya. Antara Guru dan Anak didiknya. Dan cinta bisa Antara Pria dengan Wanita atau lawan jenisnya.

Jika kasih sayang atau cinta itu antara Pria dan wanita Dewasa atau terhadap lawan jenis dan dengan didasari pula dengan unsur Seksualitas maka ini dikatakan cinta pada arti yang khusus. Cinta yang seperti ini telah dikombinasikan dengan nafsu atau unsure eksual disamping kasih sayang yang tulus pun ada didalamnya. Didalam cinta yang seperti ini juga terdapat unsur keinginan untuk memiliki seseorang secara utuh tanpa terbagi pada Orang lain.

Suatu kali secara tak terencana Saya berkumpul dengan Teman-teman lama. Kebetulan dihari libur Saya memang tak ada acara dan salah Seorang Teman Saya menelephon, kalau dua teman lama Kami sedang ada di rumahnya. Tanpa merasa terbebani, saya pun langsung datang kerumahnya. Benar, disana ada dua teman kami yang memang sudah cukup lama tak pernah bertemu. Bahkan hampir tak ada komunikasi lagi. Padahal waktu masih SMA Kita adalah satu Gank dan kemana-mana selalu bersama. Pertemuan kali ini seperti reuni saja, dan kehidupan memang telah lain. Masing-masing dari kami telah disibukan oleh Pekerjaan dan Kewajiban masing-masing yang mengharuskan tanggunhgjawab penuh.

Salah satu Teman saya ada yang telah menikah dan telah dikaruniai seorang Putri. Sepertinya, Dia cukup bahagia dengan kehidupannya yang sekarang dan Saya cukup senang melihat keadaannya. Diantara Mereka juga ada yang tengah menganggur karena belum lama ini tempatnya bekerja bangkrut dan tutup. Sedang Saya sendiri dan satu teman saya lagi masih disibukan oleh pekerjaan yang memang sangat mengikat waktu.

Entah dari mana awalnya, walau hanya untuk lawakan ternyata Kami tengah membicarakan tentang cinta. Sesuatu hal yang jarang sekali jadi bahan pembicaraan Kami dan cukup tabu.

Salah satu Teman Saya ada yang nyeletuk dengan mengatakan bahwa…

…“Cinta itu hanyalah sampah dan merupakan salah satu media kebohongan dan kemunafikan”.

Mendengarnya, Saya menjadi sangat miris dan prihatin padanya. Mungkin baginya semua itu memang benar dan suatu kenyataan. Saya sedikit tahu bagaimana riwayat keluarganya. Ekonominya memang tak terlalu sulit tetapi semenjak Ayah-Ibunya berpisah semua memburuk. Menyedihkan memang kisahnya karena Ayahnya lebih memilih meninggalkannya dan Ibunya hanya untuk menikah lagi dengan Wanita pilihan Orang tuanya.

Satu lagi teman Saya yang telah menikah mengatakan kalau cinta itu sebuah perjuangan dan kesatuan yang utuh. Dia juga menambahkan kalau cinta itu sesuatu yang sakral dan suci. Sebenarnya dalam hati Saya menyanggah. Bagaimana Dia dengan mudahnya mengatakan seperti itu. Sedangkan Saya masih ingat betul, walau tak Saya rasakan lagi kekecewaan dan sakit hati saat tahu ternyata Dia diam-diam menjalin hubungan dengan Pacar Saya yang kini telah menjadi Istrinya.

Sedangkan teman Saya yang satu lagi sepertinya terlihat santai saja dan tidak memberikan komentar apa-apa. Mungkin Dia tak terlalu mementingkannya karena saat ini Dia tengah fokus dengan persoalan pribadinya dan karena sedang menganggur juga. Walau belum genap tiga minggu menganggur, tapi Saya tahu Dia Orang yang selalu aktif dan juga merupakan tulang punggung keluarganya. Disela-sela perbincangan Kami yang selalu saja dibumbui lawakan, Dia menerima telephon dari Seorang wanita yang ternyata adalah kekasihnya. Seperti kebetulan saja. Akhirnya Dia pun berkomentar juga dengan mengatakan kalau baginya cinta adalah sebuah kesungguhan, ketulusan dan kepercayaan. Dia juga menambahakan kalau cinta itu indah dan nyata. Saya juga mendengar langsung dan diundang langsung olehnya kalau dua bulan lagi Dia akan Menikah dengan kekasihnya yang baru menelephon itu. Kabar yang menggembirakan.

Setelah Saya cerna komentar mereka tentang arti cinta memang berbeda-beda dan tak ada yang salah. Saya sendiri mengartikan cinta juga agak berbeda dengan Mereka. Bagi Saya cinta adalah perjuangan dan kedisiplinan. Cinta adalah keluarga Saya. Juga merupakan kegilaan karena kadang Kita menggadaikan segala-galanya pada cinta. Dalam hal ini juga termasuk harapan dan masa depan.

Bagaimana dengan Anda?. Apa arti cinta menurut Anda?. Aku yakin jawaban dari pertanyaan itu yang benar akan muncul dari hati dan spontanitas. Dan itulah arti cinta yang sebenarnya karena merupakan gambaran tentang bagaimana cinta berpengaruh dalam perkembangan kehidupan Anda dan besarnya pengaruh cinta itu pada kepribadian Anda.

Dalam sebuah hubungan, baik itu formal maupun informal sebuah kesetiaan sangat penting dan merupakan factor utama yang mempengaruhi baik buruknya hubungan itu sendiri. Jika hubungan tidak dodasari dengan kesetiaan maka hancur atau rusaklah hubungan tersebut. Setia adalah suatu perbuatan atau perasaan yang dilakukan atau dikendalikan pikiran emosional Seseorang dengan melihat dan merasakan suatu kejadian yang berhubungan dengan kehidupan pribadi maupun umum. Setia dalam kehidupan pribadi adalah suatu bentuk tanggung jawab yang harius dijalankan karena kepentingan itu sendiri. Konsekuensi dari apa yang diperbuat, dilakukan dan dihasilkan. Sedang Kesetiaan adalah mengabdikan keyakinan hati atau perasaan terhadap Orang lain yang membuat Kita merasa aman dan terlindungi. Yang membuat Kita jadi bahagia. Ynag membuat Kita bisa bertahan Hidup dan yang bisa mengatasi masalah dalam hidup Kita.

No comments:

Post a Comment